Pemanfaatan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2009/2010)
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 28...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2010
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/11700/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar
matematika siswa pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP
Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan
melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah;
1) motivasi belajar siswa meningkat meliputi aspek; a) siswa yang antusias dalam
belajar sebelum tindakan 46,42% dan setelah tindakan mencapai 89,28 %, b) siswa
yang mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan 57,14 % dan setelah
tindakan mencapai 96,42 %, c) siswa yag memberi tanggapan dari guru atau siswa
lain sebelum tindakan sebanyak 14,28 % dan setelah tindakan mencapai 57,14%, d)
siswa yag menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebanyak 17,85 % dan
setelah tindakan mencapai 60,71 %, e) siswa yang menanyakan materi sebelum
tindakan 10,71 % dan setelah tindakan mencapai 53,57 % dan, 2) prestasi belajar
siswa meningkat, sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (21,42 %) yang memiliki nilai
> 65 dan setelah tindakan 24 siswa (85,71 %) siswa yang memiliki nilai > 65.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Think Pairs Share (TPS)
dapat meningkatkan motivasi dan prestai belajar matematika siswa. |
---|