PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN FUNGSI(PTK Kelas VIII Semester 1 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman dan prestasibelajar siswa pada sub pokok bahasanfungsidengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MULYANTO, DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11698/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman dan prestasibelajar siswa pada sub pokok bahasanfungsidengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIDSMP Muhammadiyah 1Surakarta yang berjumlah 36siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan1)Adanya peningkatan pemahamansiswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator pemahaman: (a) menyebutkan ciri, sifat, danfaktor-faktor yang mendukung konsep sebelum tindakan sebanyak 33,33%dan setelah tindakan 72,22%, (b)menghubungkan konsep tersebut dengan konsep-konsep yang lain yang berhubungansebelum tindakan 8,33% dansetelah tindakan 50,00%, (c) membuat kesimpulan yang meliputi pendefinisian konsepsebelum tindakan 13,88 dan setelah tindakan50,00%, (d) memberikan contoh dan non contohsebelum tindakan 11,11%dan setelah tindakan55,55%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian. Sebelum adanya tindakan,siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 12siswa 33,33%dengan rata-rata kelas 54,3dan setelah tindakan sebanyak 32siswa 88,89% dengan rata-rata kelas 73,17. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman dan prestasibelajar siswa.