PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN FUNGSI(PTK Kelas VIII Semester 1 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman dan prestasibelajar siswa pada sub pokok bahasanfungsidengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kela...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11698/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman dan prestasibelajar
siswa pada sub pokok bahasanfungsidengan menggunakan model pembelajaran
konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat
kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan
kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan
pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas
VIIIDSMP Muhammadiyah 1Surakarta yang berjumlah 36siswa. Data
dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi.
Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini
menunjukkan1)Adanya peningkatan pemahamansiswa yang dapat dilihat dari
meningkatnya indikator pemahaman: (a) menyebutkan ciri, sifat, danfaktor-faktor
yang mendukung konsep sebelum tindakan sebanyak 33,33%dan setelah tindakan
72,22%, (b)menghubungkan konsep tersebut dengan konsep-konsep yang lain
yang berhubungansebelum tindakan 8,33% dansetelah tindakan 50,00%, (c)
membuat kesimpulan yang meliputi pendefinisian konsepsebelum tindakan 13,88
dan setelah tindakan50,00%, (d) memberikan contoh dan non contohsebelum
tindakan 11,11%dan setelah tindakan55,55%. 2) Adanya peningkatan prestasi
belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan
sesudah penelitian. Sebelum adanya tindakan,siswa yang mendapat nilai ≥ 60
sebanyak 12siswa 33,33%dengan rata-rata kelas 54,3dan setelah tindakan
sebanyak 32siswa 88,89% dengan rata-rata kelas 73,17. Kesimpulan penelitian
ini adalah model pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran matematika
dapat meningkatkan pemahaman dan prestasibelajar siswa. |
---|