PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE SNOW BALL DAN DEBAT AKTIF (DEBATE ACTIVE) POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SEMESTER 2 MTs AL-WAHHAB BAGOKRADENAN TAHUN AJARAN 2009/2010
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran aktif tipe snow ball dan debat aktif (debate active). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Wahhab Bago Kradenan. Pengambilan sampel da...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11697/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji perbedaan hasil
belajar siswa antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran aktif tipe
snow ball dan debat aktif (debate active). Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII MTs Al-Wahhab Bago Kradenan. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian
sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB
sebagai kelas kontrol. Pengambilan data yang dilakukan dengan menggunakan
metode pokok yaitu metode tes dan metode bantu yaitu metode dokumentasi.
Teknik analisis datanya menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji
prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian
dengan α = 5% menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar matematika yang
menggunakan metode pembelajaran aktif tipe snow ball dibanding metode
pembelajaran aktif tipe debat aktif (debate active). Dari data diperoleh rata-rata
prestasi belajar siswa yang dikenai metode pembelajaran aktif tipe snow ball
sebesar 78 dan rata-rata prestasi belajar siswa yang dikenai metode pembelajaran
aktif tipe debat aktif (debate active) sebesar 70,4. Ini berarti bahwa prestasi
belajar matematika siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode pembelajaran aktif tipe snow ball lebih baik dibandingkan dengan siswa yang
diberi pengajaran menggunakan metode pembelajaran aktif tipe debat aktif
(debate active). |
---|