Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga)

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, tipe Jigsaw dan dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa; 2) untuk mengetahui persepsi siswa mengenai proses pembelajaran matematika dengan meng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIANI , DINAR KASIH
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11696/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995411576881152
author RIANI , DINAR KASIH
author_facet RIANI , DINAR KASIH
author_sort RIANI , DINAR KASIH
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, tipe Jigsaw dan dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa; 2) untuk mengetahui persepsi siswa mengenai proses pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT, Jigsaw dan metode konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 1 Salatiga semester genap tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas X AK1, X AK3 sebagi kelas eksperimen dan kelas X AK2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan anava satu jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar dengan Fhitung = 3,774 dan menggunakan taraf signifikansi 5%; 2) ada perbedaan persepsi siswa mengenai proses pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11696
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11696 https://eprints.ums.ac.id/11696/ Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga) RIANI , DINAR KASIH L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, tipe Jigsaw dan dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa; 2) untuk mengetahui persepsi siswa mengenai proses pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT, Jigsaw dan metode konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 1 Salatiga semester genap tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas X AK1, X AK3 sebagi kelas eksperimen dan kelas X AK2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan anava satu jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar dengan Fhitung = 3,774 dan menggunakan taraf signifikansi 5%; 2) ada perbedaan persepsi siswa mengenai proses pembelajaran matematika. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/6/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/9/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/12/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/15/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/16/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/19/9._Lampiran.pdf RIANI , DINAR KASIH (2010) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060255
spellingShingle L Education (General)
RIANI , DINAR KASIH
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga)
title Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga)
title_full Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga)
title_fullStr Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga)
title_full_unstemmed Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga)
title_short Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga)
title_sort pengaruh penerapan metode pembelajaran tipe numbered heads together nht dan tipe jigsaw terhadap prestasi belajar siswa dan persepsi siswa mengenai proses pembelajarannya pada sub pokok bahasan pernyataan majemuk logika matematika siswa kelas x smk negeri 1 salatiga
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11696/
work_keys_str_mv AT rianidinarkasih pengaruhpenerapanmetodepembelajarantipenumberedheadstogethernhtdantipejigsawterhadapprestasibelajarsiswadanpersepsisiswamengenaiprosespembelajarannyapadasubpokokbahasanpernyataanmajemuklogikamatematikasiswakelasxsmknegeri1salatiga