Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga)
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, tipe Jigsaw dan dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa; 2) untuk mengetahui persepsi siswa mengenai proses pembelajaran matematika dengan meng...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11696/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995411576881152 |
---|---|
author | RIANI , DINAR KASIH |
author_facet | RIANI , DINAR KASIH |
author_sort | RIANI , DINAR KASIH |
collection | ePrints |
description |
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, tipe Jigsaw dan dengan
metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa; 2) untuk mengetahui
persepsi siswa mengenai proses pembelajaran matematika dengan menggunakan
metode pembelajaran kooperatif tipe NHT, Jigsaw dan metode konvensional.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 1 Salatiga semester genap
tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas, yaitu
kelas X AK1, X AK3 sebagi kelas eksperimen dan kelas X AK2 sebagai kelas
kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan anava satu jalan yang sebelumnya
dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari
hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh metode pembelajaran
terhadap prestasi belajar dengan Fhitung = 3,774 dan menggunakan taraf
signifikansi 5%; 2) ada perbedaan persepsi siswa mengenai proses pembelajaran
matematika. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11696 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11696 https://eprints.ums.ac.id/11696/ Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga) RIANI , DINAR KASIH L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, tipe Jigsaw dan dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa; 2) untuk mengetahui persepsi siswa mengenai proses pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT, Jigsaw dan metode konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 1 Salatiga semester genap tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas X AK1, X AK3 sebagi kelas eksperimen dan kelas X AK2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan anava satu jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar dengan Fhitung = 3,774 dan menggunakan taraf signifikansi 5%; 2) ada perbedaan persepsi siswa mengenai proses pembelajaran matematika. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/6/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/9/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/12/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/15/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/16/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11696/19/9._Lampiran.pdf RIANI , DINAR KASIH (2010) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060255 |
spellingShingle | L Education (General) RIANI , DINAR KASIH Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga) |
title | Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya
(Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga) |
title_full | Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya
(Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga) |
title_fullStr | Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya
(Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga) |
title_full_unstemmed | Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya
(Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga) |
title_short | Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya
(Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga) |
title_sort | pengaruh penerapan metode pembelajaran tipe numbered heads together nht dan tipe jigsaw terhadap prestasi belajar siswa dan persepsi siswa mengenai proses pembelajarannya pada sub pokok bahasan pernyataan majemuk logika matematika siswa kelas x smk negeri 1 salatiga |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11696/ |
work_keys_str_mv | AT rianidinarkasih pengaruhpenerapanmetodepembelajarantipenumberedheadstogethernhtdantipejigsawterhadapprestasibelajarsiswadanpersepsisiswamengenaiprosespembelajarannyapadasubpokokbahasanpernyataanmajemuklogikamatematikasiswakelasxsmknegeri1salatiga |