PENERAPAN METODE ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENING KATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) dengan mengoptimalkan alat peraga. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: ANGKOSO , YUSEP CUS
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
English
English
English
English
English
English
Vydáno: 2011
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/11694/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
Popis
Shrnutí:Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) dengan mengoptimalkan alat peraga. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIG SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 38 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan komunikasi matematika siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan komunikasi matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi matematika: (a) menghubungkan konsep matematika dengan situasi nyata sebelum tindakan 7,89% dan setelah tindakan 50,00%, (b) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa matematika sebelum tindakan 5,26% dan setelah tindakan 55,26%, (c) berdiskusi tentang matematika sebelum tindakan sebesar 21,05% dan setelah tindakan 68,42%, (d) mengemukakan ide matematika sebelum tindakan 5,26% dan setelah tindakan 36,84%, (e) mendengarkan penjelasan guru atau pendapat teman sebelum tindakan 28,95% dan setelah tindakan 78,95%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui metode ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) dengan mengoptimalkan alat peraga mampu meningkatkan komunikasi matematika siswa.