PENERAPAN METODE ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENING KATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) dengan mengoptimalkan alat peraga. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11694/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan komunikasi
matematika siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode
ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) dengan
mengoptimalkan alat peraga. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIG SMP
Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 38 siswa, sedangkan obyek penelitian ini
adalah peningkatan komunikasi matematika siswa. Data dikumpulkan melalui
observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data
digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif
dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
komunikasi matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator
komunikasi matematika: (a) menghubungkan konsep matematika dengan situasi
nyata sebelum tindakan 7,89% dan setelah tindakan 50,00%, (b) menyatakan
peristiwa sehari-hari dalam bahasa matematika sebelum tindakan 5,26% dan
setelah tindakan 55,26%, (c) berdiskusi tentang matematika sebelum tindakan
sebesar 21,05% dan setelah tindakan 68,42%, (d) mengemukakan ide matematika
sebelum tindakan 5,26% dan setelah tindakan 36,84%, (e) mendengarkan
penjelasan guru atau pendapat teman sebelum tindakan 28,95% dan setelah
tindakan 78,95%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika
melalui metode ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan
satisfaction) dengan mengoptimalkan alat peraga mampu meningkatkan
komunikasi matematika siswa. |
---|