PENERAPAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Kelas VIII SMP PENDA Tawangmangu Tahun Ajaran 2009/2010)

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa materi bangun ruang pada pokok bahasan kubus dan balok dengan menggunakan metode pembelajaran melalui pendekatan struktural tipe TPS (Think-Pair-Share). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIBISONO , ERIKA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11693/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa materi bangun ruang pada pokok bahasan kubus dan balok dengan menggunakan metode pembelajaran melalui pendekatan struktural tipe TPS (Think-Pair-Share). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VIIIA SMP PENDA Tawangmangu yang berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa dalam: 1. Memperhatikan penjelasan guru meningkat dari 46.87% menjadi 93,75%, 2. Bekerjasama dalam kelompok dari 0% menjadi 87,5%, 3. Mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat dari 37,5% menjadi 78,12%, 4. Mengemukakan ide atau pendapat dari 0 % menjadi 18,75%, 5. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok dari 0 % menjadi 56,25%, 6. Menanggapi atau mengajukan pertanyaan pendapat dari 0 % menjadi 53,12%, 7. Mengerjakan soal di depan kelas dari 9,37% menjadi 40,62%. Hasil tes tertulis yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa, sebelum adanya tindakan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebesar 34,37% dan di akhir tindakan mencapai 90,62% Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran dengan pendekatan struktural tipe TPS (Think-Pair-Share) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.