PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Selogiri)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep system persamaan linear dua variabel melalui penerapan strategi pembelajaran poster session. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSILOWATI , ERNA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11692/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995410485313536
author SUSILOWATI , ERNA
author_facet SUSILOWATI , ERNA
author_sort SUSILOWATI , ERNA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep system persamaan linear dua variabel melalui penerapan strategi pembelajaran poster session. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Selogiri yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel melalui penerapan strategi pembelajaran poster session. Hal ini dapat dilihat dari dari 1) Siswa yang menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain sebelum diadakan tindakan sebesar 30%, dan di akhir putaran sebesar 67,5%. 2)Mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan sebesar 7,5%, di akhir putaran mencapai 32,5%. 3) Siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru atau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 12,5% dan pada akhir putaran sebesar 57,5%. 4) Siswa dapat mendefinisikan perbedaan persamaan linear dan sistem persamaan linear dua variabel sebelum tindakan sebesar 22,5%, pada akhir putaran sebesar 72,5%.5) Siswa dapat membedakan contoh-contoh dan non contoh dari konsep system persamaan linear dua variabel sebelum diadakan tindakan sebesar 37,5%, di akhir putaran sebesar 67,5%.6) Siswa mampu memecahkan masalah yang berkenaan dengan konsep system persamaan linear dua variabel sebelum diadakan tindakan sebesar 12,5%, sedangkan pada akhir putaran sebesar 52,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran poster session dalam pembelajaran matematika di akhir putaran dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika berdampak pada peningkatan pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11692
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11692 https://eprints.ums.ac.id/11692/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Selogiri) SUSILOWATI , ERNA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep system persamaan linear dua variabel melalui penerapan strategi pembelajaran poster session. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Selogiri yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel melalui penerapan strategi pembelajaran poster session. Hal ini dapat dilihat dari dari 1) Siswa yang menjawab pertanyaan yang diajukan teman lain sebelum diadakan tindakan sebesar 30%, dan di akhir putaran sebesar 67,5%. 2)Mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan sebesar 7,5%, di akhir putaran mencapai 32,5%. 3) Siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru atau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 12,5% dan pada akhir putaran sebesar 57,5%. 4) Siswa dapat mendefinisikan perbedaan persamaan linear dan sistem persamaan linear dua variabel sebelum tindakan sebesar 22,5%, pada akhir putaran sebesar 72,5%.5) Siswa dapat membedakan contoh-contoh dan non contoh dari konsep system persamaan linear dua variabel sebelum diadakan tindakan sebesar 37,5%, di akhir putaran sebesar 67,5%.6) Siswa mampu memecahkan masalah yang berkenaan dengan konsep system persamaan linear dua variabel sebelum diadakan tindakan sebesar 12,5%, sedangkan pada akhir putaran sebesar 52,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran poster session dalam pembelajaran matematika di akhir putaran dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika berdampak pada peningkatan pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11692/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11692/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11692/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11692/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11692/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11692/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11692/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11692/14/LAMPIRAN.pdf SUSILOWATI , ERNA (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Selogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060241
spellingShingle L Education (General)
SUSILOWATI , ERNA
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Selogiri)
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Selogiri)
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Selogiri)
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Selogiri)
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Selogiri)
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Selogiri)
title_sort penerapan strategi pembelajaran poster session untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel spldv ptk pembelajaran matematika di kelas viii semester i smp negeri 2 selogiri
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11692/
work_keys_str_mv AT susilowatierna penerapanstrategipembelajaranpostersessionuntukmeningkatkankeaktifandanpemahamankonsepsistempersamaanlinearduavariabelspldvptkpembelajaranmatematikadikelasviiisemesterismpnegeri2selogiri