PENGARUH PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JOGYUKENYU (LESSON STUDY) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGIEMPAT DITINJAU DARI MINAT BELAJAR (Eksperiment Pembelajaran Pada Siwa Kelas VII Semester 1 SMP N 2 Gatak )
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis dan menguji pengaruh model pembelajaran jogyukenyu (lesson study) terhadap prestasi belajar. 2) Menganalisis dan menguji pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. 3) Menganalisis dan menguji interaksi antara pendekatan pembelajaran...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11691/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis dan menguji pengaruh model pembelajaran jogyukenyu (lesson study) terhadap prestasi belajar. 2) Menganalisis dan menguji pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. 3) Menganalisis dan menguji interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah semua kelas VII yang terdidri dari delapan kelas dan sampel
sebanyak dua kelas yaitu kelompok eksperimen siswa kelas VII G dengan jumlah 38 siswa, sedangkan kelompok kontrol siswa kelas VIIH dengan jumlah 38 siswa teknik sampling menggunakan cluster random. Metode pengumpulan data adalah
metode tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama yang sebelumya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian
hipotesis menggunakan α = 5 % menunjukan : (1) FA = 7,15 berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (ii) FB = 90, 75 berarti ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (iii) FAB = 0,14 berarti tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap
prestasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa prestasi belajar menggunakan model pembelajaran jogyukenyu lebih baik dari pada prestasi belajar mengunakan model pembelajaran konvesional. Demikian pula jika ditinjau dari minat belajar siswa, bahwa minat belajar yang lebih tinggi memberikan prestasi belajar lebih baik dari prestasi belajar dari minat sedang maupun rendah. |
---|