EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA (Pada siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Colomadu tahun 2010/ 2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stray dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: HERMANTO , DWI
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2010
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/11689/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stray dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester 1 SMP N 03 Colomadu tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada pengaruh metode pembelajaran Tipe Two Stay-Two Stray dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,387, (2) ada pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 7,752, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan F = 0,532.