PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh media pembelajaran Compact Disc (CD) Interaktif dan Power Point terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara media pembelajaran dan motivasi b...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: ALFUROFIKA , PURTIANA SEPTI
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11688/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
_version_ 1804995409394794496
author ALFUROFIKA , PURTIANA SEPTI
author_facet ALFUROFIKA , PURTIANA SEPTI
author_sort ALFUROFIKA , PURTIANA SEPTI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh media pembelajaran Compact Disc (CD) Interaktif dan Power Point terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 1 SMA N 2 Ungaran tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) pengaruh media pembelajaran Compact Disc (CD) Interaktif dan Power Point terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,387, (2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 7,752, dan (3) tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan Fab = 0,532.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11688
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11688 https://eprints.ums.ac.id/11688/ PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2010/2011) ALFUROFIKA , PURTIANA SEPTI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh media pembelajaran Compact Disc (CD) Interaktif dan Power Point terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 1 SMA N 2 Ungaran tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) pengaruh media pembelajaran Compact Disc (CD) Interaktif dan Power Point terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,387, (2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 7,752, dan (3) tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan Fab = 0,532. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11688/1/02._Halaman_Judul.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11688/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11688/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11688/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11688/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11688/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11688/9/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11688/12/09._Lampiran.pdf ALFUROFIKA , PURTIANA SEPTI (2011) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060226
spellingShingle L Education (General)
ALFUROFIKA , PURTIANA SEPTI
PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2010/2011)
title PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2010/2011)
title_full PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2010/2011)
title_fullStr PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2010/2011)
title_full_unstemmed PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2010/2011)
title_short PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2010/2011)
title_sort pengaruh pemanfaatan media pembelajaran compact disc cd interaktif dan power point terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa eksperimen pada siswa kelas x sma negeri 2 ungaran tahun 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11688/
work_keys_str_mv AT alfurofikapurtianasepti pengaruhpemanfaatanmediapembelajarancompactdisccdinteraktifdanpowerpointterhadapprestasibelajarmatematikaditinjaudarimotivasibelajarsiswaeksperimenpadasiswakelasxsmanegeri2ungarantahun20102011