PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPACT DISC (CD) INTERAKTIF DAN POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh media pembelajaran Compact Disc (CD) Interaktif dan Power Point terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara media pembelajaran dan motivasi b...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11688/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh media pembelajaran
Compact Disc (CD) Interaktif dan Power Point terhadap prestasi belajar matematika,
(2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3)
interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi
belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X
semester 1 SMA N 2 Ungaran tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 9 kelas. Sampel
dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen
dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya
dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji
normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan
taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) pengaruh media pembelajaran Compact Disc
(CD) Interaktif dan Power Point terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa =
4,387, (2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika,
dengan Fb = 7,752, dan (3) tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan Fab = 0,532. |
---|