PENERAPAN PENDEKATAN IMPROVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PTK Pada Siswa Kelas VIIA Semester Ganjil SMP Muhammadiyah Gatak)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui pendekatan Improve. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakuka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DIANA, RENY ASTRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11687/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui pendekatan Improve. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan PLSV (Persamaan Linear Satu Variabel) melalui pendekatan Improve. Hasil ini dapat dilihat dari: 1) Siswa yang memperhatikan guru di kelas sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (46,9%), di akhir tindakan menjadi 27 siswa (84,4%). 2) Siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (31,3%), di akhir tindakan naik menjadi 20 siswa (62,5%), 3) Siswa yang bertanya kepada guru sebelum tindakan sebanyak 7 siswa (21,9%), di akhir tindakan naik menjadi 21 siswa (65,7%), 4) Siswa yang mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebanyak 17 siswa (53,1%), di akhir tindakan naik menjadi 28 siswa (87,5%), dan 5) Siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (25%), di akhir tindakan naik menjadi 17 siswa (53,1%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas siswa yang mendapatkan nilai � 65 hanya sebanyak 12 siswa (37,5%). Dan di akhir tindakan menjadi 23 siswa (71,9%). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan Improve dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pula terhadap peningkatan prestasi belajarnya.