PENERAPAN PENDEKATAN IMPROVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PTK Pada Siswa Kelas VIIA Semester Ganjil SMP Muhammadiyah Gatak)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui pendekatan Improve. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 1 Gatak yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakuka...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11687/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi
belajar siswa melalui pendekatan Improve. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP
Muhammadiyah 1 Gatak yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi
belajar siswa pada pokok bahasan PLSV (Persamaan Linear Satu Variabel)
melalui pendekatan Improve. Hasil ini dapat dilihat dari: 1) Siswa yang
memperhatikan guru di kelas sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (46,9%), di
akhir tindakan menjadi 27 siswa (84,4%). 2) Siswa yang menjawab pertanyaan
sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (31,3%), di akhir tindakan naik menjadi 20
siswa (62,5%), 3) Siswa yang bertanya kepada guru sebelum tindakan sebanyak
7 siswa (21,9%), di akhir tindakan naik menjadi 21 siswa (65,7%), 4) Siswa
yang mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebanyak 17 siswa (53,1%), di
akhir tindakan naik menjadi 28 siswa (87,5%), dan 5) Siswa yang mengerjakan
soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (25%), di akhir tindakan
naik menjadi 17 siswa (53,1%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan
sesudah penelitian menunjukan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa.
Sebelum adanya tindakan kelas siswa yang mendapatkan nilai � 65 hanya
sebanyak 12 siswa (37,5%). Dan di akhir tindakan menjadi 23 siswa (71,9%).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan Improve dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga
berdampak pula terhadap peningkatan prestasi belajarnya. |
---|