KESULITAN-KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KETILENG 03 TODANAN-BLORA
Penelitianini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal cerita; 2) mengubah soal matematika dan bentuk model- model matematika; 3) menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam soal...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11686/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitianini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dan apa yang
ditanyakan dari soal cerita; 2) mengubah soal matematika dan bentuk model-
model matematika; 3) menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam
soal cerita; 4) membuat pemecahan masalah dari soal matematika. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis interaktif. Dari analisis data diperoleh bahwa: 1) kesulitan siswa
dalam memahami apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal cerita
matematika terletak pada kemampuan siswa dalam memahami dan mengerti
bahasa yang digunakan dalam soal; 2) kesulitan mengubah soal matematika ke
bentuk model matematika terletak pada kemampuan siswa dalam menterjemahkan
persoalan sehari-hari ke dalam bahasa matematika; 3) kesulitan dalam
menerapkan konsep yang dipelajari dalam soal cerita yaitu terletak pada
kemampuan siswa dalam penggunaan dan penerapan konsep kedalam soal cerita;
4) kesulitan dalam membuat memecahkan masalah dalam soal cerita terletak pada
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan langkah-langkah yang
benar. Jadi diharapkan dengan mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan
soal cerita lebih awal maka dapat dicari solusi dari kesulitan tersebut. |
---|