MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PTK pada siswa kelas X semester 2 MA Kartayuda Kedungtuban Tahun Ajaran 2009/2010)

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan media worksheet. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MA Kartayuda Kedungtuban sejumlah 45 siswa, sedang...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: MUNIROH , LAILATUL
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/11679/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan media worksheet. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MA Kartayuda Kedungtuban sejumlah 45 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan motivasi siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi yang meliputi (a) memperhatikan penjelasan dari guru sebelum tindakan 47% siswa, putaran I 49% siswa, putaran II 56% siswa dan putaran III 85% siswa, (b) memberikan tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 22% siswa, putaran I 23% siswa, putaran II 26% siswa dan putaran III 54% siswa, (c) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 20% siswa, putaran I 22% siswa, putaran II 24% siswa dan putaran III 32% siswa, (d) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan 11% siswa, putaran I 13% siswa, putaran II 22% siswa dan putaran III 30% siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.