PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI ACTIVE SELF – ASSESSMENT (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambi Boyolali Tahun 2010)

Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran Active Self – Assessment, 2) mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika pada bangun datar melalui strategi pembelajaran Active Self – Assessment. Jenis penelitian pada penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MULYANINGTYAS , RIDHO WIBOWO SRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11675/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995406663254016
author MULYANINGTYAS , RIDHO WIBOWO SRI
author_facet MULYANINGTYAS , RIDHO WIBOWO SRI
author_sort MULYANINGTYAS , RIDHO WIBOWO SRI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran Active Self – Assessment, 2) mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika pada bangun datar melalui strategi pembelajaran Active Self – Assessment. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Sambi Boyolali yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan review. Teknik analisis data dengan metode alur meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Active Self – Assessment. Meliputi, 1) keaktifan siswa yang bertanya kepada guru meningkat sebelum tindakan sebesar 11,45%, putaran I sebesar 17,14%, putaran II sebesar 42,86%, putaran III sebesar 74,29% 2) keaktifan siswa yang menjawab pertanyaan guru meningkat sebelum tindakan sebesar 11,45%, putaran I sebesar 22,86%, putaran II sebesar 48,57%, putaran III sebanyak 71,43% 3) keaktifan siswa yang mengerjakan soal-soal latihan ke depan kelas meningkat sebelum tindakan sebesar 8,7%, putaran I sebesar 17,14%, putaran II sebanyak 42,86%, putaran III sebesar 68,57%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika pada bangun datar. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebesar 74,3%, putaran I sebesar 85,7%, putaran II sebesar 97,1%, putaran III sebesar 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) penggunaan strategi Active Self – Assessment dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa, 2) penggunaan strategi Active self – Assessment dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada bangun datar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11675
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11675 https://eprints.ums.ac.id/11675/ PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI ACTIVE SELF – ASSESSMENT (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambi Boyolali Tahun 2010) MULYANINGTYAS , RIDHO WIBOWO SRI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran Active Self – Assessment, 2) mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika pada bangun datar melalui strategi pembelajaran Active Self – Assessment. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Sambi Boyolali yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan review. Teknik analisis data dengan metode alur meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Active Self – Assessment. Meliputi, 1) keaktifan siswa yang bertanya kepada guru meningkat sebelum tindakan sebesar 11,45%, putaran I sebesar 17,14%, putaran II sebesar 42,86%, putaran III sebesar 74,29% 2) keaktifan siswa yang menjawab pertanyaan guru meningkat sebelum tindakan sebesar 11,45%, putaran I sebesar 22,86%, putaran II sebesar 48,57%, putaran III sebanyak 71,43% 3) keaktifan siswa yang mengerjakan soal-soal latihan ke depan kelas meningkat sebelum tindakan sebesar 8,7%, putaran I sebesar 17,14%, putaran II sebanyak 42,86%, putaran III sebesar 68,57%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika pada bangun datar. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebesar 74,3%, putaran I sebesar 85,7%, putaran II sebesar 97,1%, putaran III sebesar 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) penggunaan strategi Active Self – Assessment dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa, 2) penggunaan strategi Active self – Assessment dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada bangun datar. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11675/1/Cover_%2B_Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11675/2/Skripsi_lengkap.pdf MULYANINGTYAS , RIDHO WIBOWO SRI (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI ACTIVE SELF – ASSESSMENT (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambi Boyolali Tahun 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060191
spellingShingle L Education (General)
MULYANINGTYAS , RIDHO WIBOWO SRI
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI ACTIVE SELF – ASSESSMENT (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambi Boyolali Tahun 2010)
title PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI ACTIVE SELF – ASSESSMENT (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambi Boyolali Tahun 2010)
title_full PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI ACTIVE SELF – ASSESSMENT (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambi Boyolali Tahun 2010)
title_fullStr PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI ACTIVE SELF – ASSESSMENT (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambi Boyolali Tahun 2010)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI ACTIVE SELF – ASSESSMENT (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambi Boyolali Tahun 2010)
title_short PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI ACTIVE SELF – ASSESSMENT (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambi Boyolali Tahun 2010)
title_sort peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada bangun datar melalui strategi active self assessment ptk siswa kelas vii smp negeri 2 sambi boyolali tahun 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11675/
work_keys_str_mv AT mulyaningtyasridhowibowosri peningkatankeaktifandanprestasibelajarmatematikapadabangundatarmelaluistrategiactiveselfassessmentptksiswakelasviismpnegeri2sambiboyolalitahun2010