PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri)

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dan mengetahui peningkatan antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode participatory learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP N...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSTANTO , FREDY
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11673/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995406105411584
author KUSTANTO , FREDY
author_facet KUSTANTO , FREDY
author_sort KUSTANTO , FREDY
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dan mengetahui peningkatan antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode participatory learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 6 Wonogiri yang berjumlah 32 siswa dan obyek penelitian ini adalah antusiasme siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang merespon pelajaran, sebelum tindakan sebesar 12,5%, sesudah tindakan naik menjadi 53,125%, 2) siswa yang memperhatikan pelajaran, sebelum tindakan sebesar 31,25%, sesudah tindakan naik menjadi 78,125%, 3) siswa yang berkonsentrasi dalam pelajaran, sebelum tindakan sebesar 37,5%, sesudah tindakan naik menjadi 84,375%, 4) kemauan siswa dalam pelajaran, sebelum tindakan sebesar 34,375%, sesudah tindakan naik menjadi 71,875%, 5) kesadaran siswa dalam pelajaran, sebelum tidakan sebesar 25%, sesudah tindakan naik menjadi 68,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode participatory learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan antusiasme siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11673
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11673 https://eprints.ums.ac.id/11673/ PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri) KUSTANTO , FREDY L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dan mengetahui peningkatan antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode participatory learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 6 Wonogiri yang berjumlah 32 siswa dan obyek penelitian ini adalah antusiasme siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang merespon pelajaran, sebelum tindakan sebesar 12,5%, sesudah tindakan naik menjadi 53,125%, 2) siswa yang memperhatikan pelajaran, sebelum tindakan sebesar 31,25%, sesudah tindakan naik menjadi 78,125%, 3) siswa yang berkonsentrasi dalam pelajaran, sebelum tindakan sebesar 37,5%, sesudah tindakan naik menjadi 84,375%, 4) kemauan siswa dalam pelajaran, sebelum tindakan sebesar 34,375%, sesudah tindakan naik menjadi 71,875%, 5) kesadaran siswa dalam pelajaran, sebelum tidakan sebesar 25%, sesudah tindakan naik menjadi 68,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode participatory learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan antusiasme siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11673/1/COVER_%2B_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11673/2/SKRIPSI.pdf KUSTANTO , FREDY (2010) PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A 410060178
spellingShingle L Education (General)
KUSTANTO , FREDY
PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri)
title PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri)
title_full PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri)
title_fullStr PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri)
title_full_unstemmed PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri)
title_short PENINGKATAN ANTUSIASME SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PARTICIPATORY LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 6 Wonogiri)
title_sort peningkatan antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode participatory learning pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar ptk pembelajaran matematika di kelas viii smp negeri 6 wonogiri
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11673/
work_keys_str_mv AT kustantofredy peningkatanantusiasmesiswadalampembelajaranmatematikamelaluimetodeparticipatorylearningpadapokokbahasanbangunruangsisidatarptkpembelajaranmatematikadikelasviiismpnegeri6wonogiri