PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ‘’EXPLICIT INSTRUCTION’’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR ( Studi PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta )

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep di SMP Negeri 9 Surakarta pada Siswa Kelas VIII melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan Explicit Instruction pada Bangun ruang sisi datar. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kusumawati , Dian
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11667/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995404460195840
author Kusumawati , Dian
author_facet Kusumawati , Dian
author_sort Kusumawati , Dian
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep di SMP Negeri 9 Surakarta pada Siswa Kelas VIII melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan Explicit Instruction pada Bangun ruang sisi datar. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 9 Surakarta mengalami peningkatan, yang meliputi aspek 1) siswa mampu menyebutkan ciri, sifat, dan faktor-faktor yang mendukung konsep sebelum dilaksanakan tindakan 56% dan diakhir tindakan 85%, 2) siswa mampu menghubungkan konsep tersebut dengan konsep-konsep lain yang berhubungan sebelum dilaksanakan tindakan 66% dan diakhir tindakan 100%, 3) siswa mampu membuat kesimpulan sebelum dilaksanakan tindakan 80% dan diakhir tindakan 100%, 4) siswa mampu memberikan contoh dari suatu konsep sebelum dilaksanakan tindakan 49% dan diakhir tindakan 95%. Jadi kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan Explicit Instruction.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11667
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11667 https://eprints.ums.ac.id/11667/ PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ‘’EXPLICIT INSTRUCTION’’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR ( Studi PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta ) Kusumawati , Dian L Education (General) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep di SMP Negeri 9 Surakarta pada Siswa Kelas VIII melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan Explicit Instruction pada Bangun ruang sisi datar. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 9 Surakarta mengalami peningkatan, yang meliputi aspek 1) siswa mampu menyebutkan ciri, sifat, dan faktor-faktor yang mendukung konsep sebelum dilaksanakan tindakan 56% dan diakhir tindakan 85%, 2) siswa mampu menghubungkan konsep tersebut dengan konsep-konsep lain yang berhubungan sebelum dilaksanakan tindakan 66% dan diakhir tindakan 100%, 3) siswa mampu membuat kesimpulan sebelum dilaksanakan tindakan 80% dan diakhir tindakan 100%, 4) siswa mampu memberikan contoh dari suatu konsep sebelum dilaksanakan tindakan 49% dan diakhir tindakan 95%. Jadi kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan Explicit Instruction. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11667/1/02._Cover%2BBAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11667/2/01._Isi_Skripsi_Dian_Kusuma.pdf Kusumawati , Dian (2010) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ‘’EXPLICIT INSTRUCTION’’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR ( Studi PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A 410 060 145
spellingShingle L Education (General)
Kusumawati , Dian
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ‘’EXPLICIT INSTRUCTION’’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR ( Studi PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta )
title PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ‘’EXPLICIT INSTRUCTION’’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR ( Studi PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta )
title_full PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ‘’EXPLICIT INSTRUCTION’’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR ( Studi PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta )
title_fullStr PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ‘’EXPLICIT INSTRUCTION’’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR ( Studi PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta )
title_full_unstemmed PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ‘’EXPLICIT INSTRUCTION’’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR ( Studi PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta )
title_short PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ‘’EXPLICIT INSTRUCTION’’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR ( Studi PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta )
title_sort pembelajaran matematika dengan pendekatan explicit instruction untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar studi ptk pada siswa kelas viii smp negeri 9 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11667/
work_keys_str_mv AT kusumawatidian pembelajaranmatematikadenganpendekatanexplicitinstructionuntukmeningkatkanpemahamankonsepbangunruangsisidatarstudiptkpadasiswakelasviiismpnegeri9surakarta