PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN MICRO TEACHING DALAM MEMBERIKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI BEKAL UNTUK PPL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan micro teaching dalam memberikan kompetensi guru sebagai bekal untuk PPL pada mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UMS yang meliputi: persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan micro teaching...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11664/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995403646500864 |
---|---|
author | FIRMANSYAH , BAGUS |
author_facet | FIRMANSYAH , BAGUS |
author_sort | FIRMANSYAH , BAGUS |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa
terhadap pelaksanaan micro teaching dalam memberikan kompetensi guru sebagai
bekal untuk PPL pada mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP
UMS yang meliputi: persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan micro teaching
khususnya pada fasilitas laboratorium micro teaching dan persepsi mahasiswa
terhadap dosen micro teaching dalam memberikan bekal kompetensi guru pada
mahasiswa khususnya dalam mengenalkan model pembelajaran, penyusunan RPP,
dan praktek pembelajaran. Jenis penelitian kualitatif. Informan adalah mahasiswa
semester VII program studi matematika, kepala laboratorium fakultas. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik
triangulasi. Hasil penelitian (1) Mahasiswa memberikan persepsi bahwa sarana
dan prasarana laboratorium micro teaching cukup lengkap dan layak untuk
menyelenggarakan perkuliahan micro teaching, pengelolaan laboratorium sudah
berjalan dengan baik. (2) Mahasiswa memberikan persepsi terhadap dosen
pembimbing dalam memberikan bekal kompetensi guru: penerapan model
pembelajaran masih kurang, dalam praktek pembuatan RPP masih terdapat
ketidaksesuaian dalam format dan isi, mahasiswa masih sering kekurangan waktu
dalam praktek mengajar sehingga materi dalam satu RPP tidak tuntas
disampaikan, pemberian kesempatan latihan mengajar yang masih kurang.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11664 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11664 https://eprints.ums.ac.id/11664/ PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN MICRO TEACHING DALAM MEMBERIKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI BEKAL UNTUK PPL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMS FIRMANSYAH , BAGUS L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan micro teaching dalam memberikan kompetensi guru sebagai bekal untuk PPL pada mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UMS yang meliputi: persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan micro teaching khususnya pada fasilitas laboratorium micro teaching dan persepsi mahasiswa terhadap dosen micro teaching dalam memberikan bekal kompetensi guru pada mahasiswa khususnya dalam mengenalkan model pembelajaran, penyusunan RPP, dan praktek pembelajaran. Jenis penelitian kualitatif. Informan adalah mahasiswa semester VII program studi matematika, kepala laboratorium fakultas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Mahasiswa memberikan persepsi bahwa sarana dan prasarana laboratorium micro teaching cukup lengkap dan layak untuk menyelenggarakan perkuliahan micro teaching, pengelolaan laboratorium sudah berjalan dengan baik. (2) Mahasiswa memberikan persepsi terhadap dosen pembimbing dalam memberikan bekal kompetensi guru: penerapan model pembelajaran masih kurang, dalam praktek pembuatan RPP masih terdapat ketidaksesuaian dalam format dan isi, mahasiswa masih sering kekurangan waktu dalam praktek mengajar sehingga materi dalam satu RPP tidak tuntas disampaikan, pemberian kesempatan latihan mengajar yang masih kurang. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11664/1/01_halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11664/2/02_bab_satu.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11664/3/03_bab_dua.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11664/6/04_bab_tiga.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11664/8/05_bab_empat.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11664/14/06_bab_lima.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11664/16/07_daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11664/19/08_lampiran.pdf FIRMANSYAH , BAGUS (2011) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN MICRO TEACHING DALAM MEMBERIKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI BEKAL UNTUK PPL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060144 |
spellingShingle | L Education (General) FIRMANSYAH , BAGUS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN MICRO TEACHING DALAM MEMBERIKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI BEKAL UNTUK PPL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMS |
title | PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN MICRO TEACHING DALAM MEMBERIKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI BEKAL UNTUK PPL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMS |
title_full | PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN MICRO TEACHING DALAM MEMBERIKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI BEKAL UNTUK PPL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMS |
title_fullStr | PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN MICRO TEACHING DALAM MEMBERIKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI BEKAL UNTUK PPL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMS |
title_full_unstemmed | PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN MICRO TEACHING DALAM MEMBERIKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI BEKAL UNTUK PPL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMS |
title_short | PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN MICRO TEACHING DALAM MEMBERIKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI BEKAL UNTUK PPL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMS |
title_sort | persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan micro teaching dalam memberikan kompetensi guru sebagai bekal untuk ppl pada mahasiswa program studi pendidikan matematika fkip ums |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11664/ |
work_keys_str_mv | AT firmansyahbagus persepsimahasiswaterhadappelaksanaanmicroteachingdalammemberikankompetensigurusebagaibekaluntukpplpadamahasiswaprogramstudipendidikanmatematikafkipums |