UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindaka...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11660/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995402559127552 |
---|---|
author | NOVIANTI , DIRASTI |
author_facet | NOVIANTI , DIRASTI |
author_sort | NOVIANTI , DIRASTI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan
Scramble pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C
SMP Negeri 2 Paron yang berjumlah 36 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah
peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review guru. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok
bahasan bangun datar segi empat melalui metode pembelajaran Guided Note Taking
dan Scramble. Hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa yang menjawab pertanyaan sebelum
tindakan sebesar 27,78%, dan di akhir tindakan mencapai 66,67%, 2) siswa yang mau
menyampaikan kembali materi yang telah disampaikan guru sebelum tindakan
sebesar 25%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%, 3) siswa yang mau
mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 22,22%, dan di akhir
tindakan mencapai 61,11%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode
pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble dalam pembelajaran matematika
pada pokok bahasan bangun datar segi empat dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11660 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11660 https://eprints.ums.ac.id/11660/ UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010) NOVIANTI , DIRASTI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Paron yang berjumlah 36 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review guru. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble. Hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 27,78%, dan di akhir tindakan mencapai 66,67%, 2) siswa yang mau menyampaikan kembali materi yang telah disampaikan guru sebelum tindakan sebesar 25%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%, 3) siswa yang mau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 22,22%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/1/00.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/2/01.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/3/02.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/4/03.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/8/04.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/17/06.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/19/07.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/22/05.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/23/05.pdf NOVIANTI , DIRASTI (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060143 |
spellingShingle | L Education (General) NOVIANTI , DIRASTI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010) |
title | UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_full | UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_fullStr | UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_full_unstemmed | UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_short | UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_sort | upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode guided note taking dan scrambel ptk di kelas vii semester ii smp n 2 paron tahun ajaran 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11660/ |
work_keys_str_mv | AT noviantidirasti upayameningkatkanmotivasibelajarsiswadalampembelajaranmatematikadenganmenggunakanmetodeguidednotetakingdanscrambelptkdikelasviisemesteriismpn2parontahunajaran20092010 |