UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindaka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NOVIANTI , DIRASTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11660/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995402559127552
author NOVIANTI , DIRASTI
author_facet NOVIANTI , DIRASTI
author_sort NOVIANTI , DIRASTI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Paron yang berjumlah 36 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review guru. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble. Hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 27,78%, dan di akhir tindakan mencapai 66,67%, 2) siswa yang mau menyampaikan kembali materi yang telah disampaikan guru sebelum tindakan sebesar 25%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%, 3) siswa yang mau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 22,22%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11660
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11660 https://eprints.ums.ac.id/11660/ UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010) NOVIANTI , DIRASTI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Paron yang berjumlah 36 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review guru. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble. Hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 27,78%, dan di akhir tindakan mencapai 66,67%, 2) siswa yang mau menyampaikan kembali materi yang telah disampaikan guru sebelum tindakan sebesar 25%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%, 3) siswa yang mau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 22,22%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/1/00.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/2/01.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/3/02.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/4/03.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/8/04.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/17/06.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/19/07.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/22/05.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11660/23/05.pdf NOVIANTI , DIRASTI (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060143
spellingShingle L Education (General)
NOVIANTI , DIRASTI
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010)
title UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010)
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010)
title_short UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010)
title_sort upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode guided note taking dan scrambel ptk di kelas vii semester ii smp n 2 paron tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11660/
work_keys_str_mv AT noviantidirasti upayameningkatkanmotivasibelajarsiswadalampembelajaranmatematikadenganmenggunakanmetodeguidednotetakingdanscrambelptkdikelasviisemesteriismpn2parontahunajaran20092010