UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindaka...
שמור ב:
מחבר ראשי: | |
---|---|
פורמט: | Thesis |
שפה: | English English English English English English English English English |
יצא לאור: |
2011
|
נושאים: | |
גישה מקוונת: | https://eprints.ums.ac.id/11660/ |
תגים: |
הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
|
סיכום: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan
Scramble pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C
SMP Negeri 2 Paron yang berjumlah 36 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah
peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review guru. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok
bahasan bangun datar segi empat melalui metode pembelajaran Guided Note Taking
dan Scramble. Hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa yang menjawab pertanyaan sebelum
tindakan sebesar 27,78%, dan di akhir tindakan mencapai 66,67%, 2) siswa yang mau
menyampaikan kembali materi yang telah disampaikan guru sebelum tindakan
sebesar 25%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%, 3) siswa yang mau
mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 22,22%, dan di akhir
tindakan mencapai 61,11%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode
pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble dalam pembelajaran matematika
pada pokok bahasan bangun datar segi empat dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa. |
---|