UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindaka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NOVIANTI , DIRASTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11660/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Paron yang berjumlah 36 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review guru. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble. Hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 27,78%, dan di akhir tindakan mencapai 66,67%, 2) siswa yang mau menyampaikan kembali materi yang telah disampaikan guru sebelum tindakan sebesar 25%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%, 3) siswa yang mau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 22,22%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.