EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MATH MAGIC DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA MTs. MASALIKIL HUDA JEPARA KELAS VIII SEMESTER I

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi b...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: Budiyani, Nanik
Formato: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2011
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/11659/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
Descripción
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Masalikil Huda Jepara yang berjumlah 160 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa, yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi . Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan FA = 5,528, (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan FB =  17,842, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran ditinjau dari aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan F = 0,504.