EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MATH MAGIC DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA MTs. MASALIKIL HUDA JEPARA KELAS VIII SEMESTER I
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi b...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11659/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan
metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh
aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi
antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi
belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII MTs Masalikil Huda Jepara yang berjumlah 160 siswa. Sampel yang
diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa, yang terdiri dari 40 siswa
sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster
sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi . Teknik analisis
data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang
sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode
lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari
hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat
pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan
FA = 5,528, (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi
belajar matematika dengan FB = 17,842, (3) Tidak terdapat interaksi antara
metode pembelajaran ditinjau dari aktivitas belajar terhadap prestasi belajar
siswa dengan F = 0,504. |
---|