PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIVAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 1 Nguntoronadi)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan keaktivan siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Nguntoronadi tahun ajaran 2009/2010 yang berjumla...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: TRISNAWATI , MIKE
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11653/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan keaktivan siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Nguntoronadi tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 32 siswa, sedangkan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, metode test, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara langsung. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Adanya peningkatan minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika meliputi perhatian siswa sebelum tindakan 12,5% setelah tindakan 81,25% dan kemauan siswa sebelum tindakan 15,625% setelah tindakan 81,25%, (2) Adanya peningkatan keaktivan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas meliputi keaktivan siswa bertanya sebelum tindakan 12,5% setelah tindakan 50%, keaktivan siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 18,75% setelah tindakan 78,125%, keaktivan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 37,5% setelah tindakan 87,5%, dan keaktivan siswa mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan 12,5% setelah tindakan 46,875%, (3) Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari tercapainya target siswa (KKM). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika melalui penerapan metode penemuan terbimbing dengan mengoptimalkan penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan minat dan keaktivan belajar siswa serta selanjutnya juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.