PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) Pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RATNASARI , DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11648/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995399260307456
author RATNASARI , DWI
author_facet RATNASARI , DWI
author_sort RATNASARI , DWI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) Pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester 2 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII I sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Cluster random sampling. Sebelum instrumen dikenakan pada sampel, maka diuji dahulu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan metode lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode bartlett. Selanjutnya dilakukan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan A F = 20,162, (2) Ada pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan B F = 13,778, (3) Tidak ada efek interaksi yang signifikasi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan AB F = 0,220.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11648
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11648 https://eprints.ums.ac.id/11648/ PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta) RATNASARI , DWI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) Pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester 2 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII I sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Cluster random sampling. Sebelum instrumen dikenakan pada sampel, maka diuji dahulu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan metode lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode bartlett. Selanjutnya dilakukan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan A F = 20,162, (2) Ada pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan B F = 13,778, (3) Tidak ada efek interaksi yang signifikasi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan AB F = 0,220. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11648/1/COVER%26HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11648/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11648/3/BAB_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11648/4/BAB_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11648/5/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11648/6/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11648/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11648/11/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf RATNASARI , DWI (2010) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060129
spellingShingle L Education (General)
RATNASARI , DWI
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title_full PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title_fullStr PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title_full_unstemmed PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title_short PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
title_sort perbedaan prestasi belajar matematika dengan strategi pembelajaran inquiring minds want to know dan strategi pembelajaran cooperative integrated reading and composition circ ditinjau dari keaktifan belajar siswa kelas vii semester ii smp muhammadiyah 1 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11648/
work_keys_str_mv AT ratnasaridwi perbedaanprestasibelajarmatematikadenganstrategipembelajaraninquiringmindswanttoknowdanstrategipembelajarancooperativeintegratedreadingandcompositioncircditinjaudarikeaktifanbelajarsiswakelasviisemesteriismpmuhammadiyah1surakarta