PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2) Pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11648/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar
matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds
Want To Know dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), (2)
Pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Efek
interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi
belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
semester 2 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 9
kelas. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII I sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan Cluster random sampling. Sebelum instrumen dikenakan
pada sampel, maka diuji dahulu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Sebelum
dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji
normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan metode lilliefors
dan uji homogenitas menggunakan metode bartlett. Selanjutnya dilakukan analisis
variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil analisis data dengan taraf
signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar
matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds
Want To Know dan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) dengan A F = 20,162, (2) Ada pengaruh keaktifan belajar
siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan
B F = 13,778, (3) Tidak ada
efek interaksi yang signifikasi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar
terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan AB F = 0,220. |
---|