PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange pada pokok bahasan segitiga, persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11646/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995398717145088
author ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL
author_facet ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL
author_sort ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange pada pokok bahasan segitiga, persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah Blimbing yang berjumlah 27 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange. Hal ini dapat dilihat dari 1) berpikir kreatif siswa dalam menjelaskan/mendefinisikan konsep dengan kata-katanya sendiri sebelum tindakan sebesar 14,82%, pada putaran I 22,23%,pada putaran II 40,74% dan pada putaran III 48,15%, 2) berpikir kreatif siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I 40,74%, pada putaran II 48,15% dan pada putaran III 55,56%, 3) berpikir kreatif siswa mengerjakan soal latihan sebelum diadakan tindakan sebesar 25,92%, pada putaran I 33,34%, pada putaran II 55,56% dan pada putaran III 88,89%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 77,78%, pada putaran I 81,18%, pada putaran II 96,29% dan pada putaran III mencapai 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran rotation trio exchange dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11646
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11646 https://eprints.ums.ac.id/11646/ PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010) ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange pada pokok bahasan segitiga, persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah Blimbing yang berjumlah 27 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange. Hal ini dapat dilihat dari 1) berpikir kreatif siswa dalam menjelaskan/mendefinisikan konsep dengan kata-katanya sendiri sebelum tindakan sebesar 14,82%, pada putaran I 22,23%,pada putaran II 40,74% dan pada putaran III 48,15%, 2) berpikir kreatif siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I 40,74%, pada putaran II 48,15% dan pada putaran III 55,56%, 3) berpikir kreatif siswa mengerjakan soal latihan sebelum diadakan tindakan sebesar 25,92%, pada putaran I 33,34%, pada putaran II 55,56% dan pada putaran III 88,89%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 77,78%, pada putaran I 81,18%, pada putaran II 96,29% dan pada putaran III mencapai 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran rotation trio exchange dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11646/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11646/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11646/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11646/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11646/11/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11646/13/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11646/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11646/18/09._LAMPIRAN.pdf ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060119
spellingShingle L Education (General)
ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010)
title PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010)
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010)
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010)
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010)
title_sort peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi rotation trio exchange ptk di kelas vii semester genap mts muhammadiyah blimbing tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11646/
work_keys_str_mv AT arifahtsanimarfuahnurul peningkatankemampuanberpikirkreatifsiswadalampembelajaranmatematikamenggunakanstrategirotationtrioexchangeptkdikelasviisemestergenapmtsmuhammadiyahblimbingtahunajaran20092010