PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange pada pokok bahasan segitiga, persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11646/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange pada pokok bahasan segitiga, persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah Blimbing yang berjumlah 27 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan,
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange. Hal ini dapat dilihat dari 1) berpikir kreatif siswa dalam menjelaskan/mendefinisikan konsep dengan kata-katanya sendiri sebelum tindakan sebesar 14,82%, pada putaran I 22,23%,pada putaran II 40,74% dan pada putaran III 48,15%, 2) berpikir kreatif siswa dalam
mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I 40,74%, pada putaran II 48,15% dan pada putaran III 55,56%, 3) berpikir kreatif siswa mengerjakan soal latihan sebelum diadakan tindakan sebesar 25,92%, pada putaran I 33,34%, pada putaran II 55,56% dan pada putaran III 88,89%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 77,78%, pada putaran I 81,18%, pada putaran II 96,29% dan pada putaran III mencapai 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran rotation trio exchange
dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. |
---|