BIMBINGAN GURU PAMONG DAN MINAT MAHASISWA MENJADI GURU TERHADAP PRESTASI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2006 FKIP UMS TAHUN 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh bimbingan guru pamong terhadap prestasi program pengalaman lapangan. 2) pengaruh minat mahasiswa menjadi guru terhadap prestasi program pengalaman lapangan. 3) pengaruh bimbingan guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru terhadap prestasi...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: Wardani , Putri Setya
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/11644/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh bimbingan guru pamong terhadap prestasi program pengalaman lapangan. 2) pengaruh minat mahasiswa menjadi guru terhadap prestasi program pengalaman lapangan. 3) pengaruh bimbingan guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru terhadap prestasi program pengalaman lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Pendidikan Akuntansi FKIP UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2006 sebanyak 180 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan cara proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Berdasarkan analisis regresi linear ganda diperoleh persamaan Y = 60,864 + 0,196X1 + 0,221X2. 2) Terdapat pengaruh bimbingan guru pamong terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL). Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,340 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Terdapat pengaruh minat mahasiswa menjadi guru terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL). Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,026 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. 4) Terdapat pengaruh antara bimbingan guru pamong dan minat mahasiswa menjadi guru secara bersama-sama terhadap prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL). Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui Fhitung > Ftabel, yaitu 14,315 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Variabel bimbingan guru pamong memberikan sumbangan efektif 21,8%. Variabel minat mahasiswa menjadi guru memberikan sumbangan efektif 18,7%. sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 40,5%, sedangkan 59,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.