PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN COURSE REVIEW HOREY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL SECARA MANDIRI (PTK di Kelas X Semester II SMA N 1 Nguter Tahun Ajaran 2009/2010)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam mengerjakan soal pada pembelajaran matematika melalui matode Guided Note Taking dan Course Review Horey pada pokok bahasan trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penerima tind...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2010
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/11641/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam
mengerjakan soal pada pembelajaran matematika melalui matode Guided Note
Taking dan Course Review Horey pada pokok bahasan trigonometri. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penerima tindakan
adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Nguter yang berjumlah 40 siswa dan subjek
pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan
metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemandirian
siswa dalam mengerjakan soal latihan pada pembelajaran matematika pokok
bahasan trigonometri melalui metode Guided Note Taking dan Course review
Horey. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemandirian siswa dalam mengerjakan soal
latihan sebelum dilakukan tindakan sebesar 20% dan diakhir tindakan mencapai
62,5%, 2) kemampuan siswa dalam menyampaikan kembali materi yang telah
disampaikan guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 10% dan diakhir tindakan
mencapai 60%, 3) kemandirian siswa dalam mengerjakan soal latihan didepan
kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 7,5% dan diakhir tindakan mencapai
40%, 4) kemandirian siswa dalam menjawab pertanyaan guru secara lisan
sebelum dilakukan tidakan sebesar 15% dan diakhir tindakan mencapai 37,5%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Guided Note Taking dan
Course Review Horey dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan
trigonometri dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam mengerjakan soal
secara mandiri. |
---|