UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERPIKIR BERPASANGAN (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam belajar matematika dengan metode Berpikir Berpasangan. Subyek penerima tindakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observa...

Deskribapen osoa

Gorde:
Xehetasun bibliografikoak
Egile nagusia: RAHMAWATI , NURNA
Formatua: Thesis
Hizkuntza:English
English
English
English
English
English
English
English
Argitaratua: 2011
Gaiak:
Sarrera elektronikoa:https://eprints.ums.ac.id/11640/
Etiketak: Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
_version_ 1804995397087657984
author RAHMAWATI , NURNA
author_facet RAHMAWATI , NURNA
author_sort RAHMAWATI , NURNA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam belajar matematika dengan metode Berpikir Berpasangan. Subyek penerima tindakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa mengalami peningkatan meliputi aspek mengajukan ide sebelum tindakan kelas hanya 42,8 % diakhir tindakan kelas meningkat menjadi 80 %. Siswa yang memberikan komentar sebelum tindakan kelas hanya 17,1 %, diakhir tindakan kelas meningkat menjadi 51,4 %. Siswa yang bertanya sebelum tindakan kelas hanya 34,2 %, diakhir tindakan kelas meningkat menjadi 77,1 %. Siswa yang menyetujui ide sebelum tindakan kelas hanya 37,1 %, diakhir tindakan kelas meningkat menjadi 71,4 %. Berdasarkan hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode Berpikir Berpasangan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11640
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11640 https://eprints.ums.ac.id/11640/ UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERPIKIR BERPASANGAN (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta) RAHMAWATI , NURNA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam belajar matematika dengan metode Berpikir Berpasangan. Subyek penerima tindakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa mengalami peningkatan meliputi aspek mengajukan ide sebelum tindakan kelas hanya 42,8 % diakhir tindakan kelas meningkat menjadi 80 %. Siswa yang memberikan komentar sebelum tindakan kelas hanya 17,1 %, diakhir tindakan kelas meningkat menjadi 51,4 %. Siswa yang bertanya sebelum tindakan kelas hanya 34,2 %, diakhir tindakan kelas meningkat menjadi 77,1 %. Siswa yang menyetujui ide sebelum tindakan kelas hanya 37,1 %, diakhir tindakan kelas meningkat menjadi 71,4 %. Berdasarkan hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode Berpikir Berpasangan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11640/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11640/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11640/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11640/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11640/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11640/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11640/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11640/17/LAMPIRAN.pdf RAHMAWATI , NURNA (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERPIKIR BERPASANGAN (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060098
spellingShingle L Education (General)
RAHMAWATI , NURNA
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERPIKIR BERPASANGAN (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERPIKIR BERPASANGAN (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_full UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERPIKIR BERPASANGAN (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERPIKIR BERPASANGAN (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERPIKIR BERPASANGAN (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_short UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERPIKIR BERPASANGAN (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_sort upaya peningkatan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode berpikir berpasangan ptk pembelajaran matematika di kelas vii smp muhammadiyah 2 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11640/
work_keys_str_mv AT rahmawatinurna upayapeningkatankemampuankomunikasisiswadalampembelajaranmatematikamelaluimetodeberpikirberpasanganptkpembelajaranmatematikadikelasviismpmuhammadiyah2surakarta