PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG UJIAN NASIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 GROBOGAN TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) hubungan antara persepsi siswa tentang ujian nasional dengan prestasi belajar matematika siswa, (2) pengaruh persepsi siswa tentang ujian nasional terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: ROECHAN , ROECHAN
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/11637/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) hubungan antara persepsi siswa tentang ujian nasional dengan prestasi belajar matematika siswa, (2) pengaruh persepsi siswa tentang ujian nasional terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Grobogan. Sampel diambil 65 siswa yang tersebar pada tiap kelas secara proporsional, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah stratified proporsional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan uji t dan uji F. Dari hasil analisis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang ujian nasional dengan prestasi belajar matematika siswa dengan koefisien korelasi rxy sebesar 0,956 dan thitung = 25,96, (2) ada pengaruh persepsi siswa tentang ujian nasional terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai Fhitung = 674,26. Besarnya pengaruh persepsi siswa tentang ujian nasional terhadap prestasi belajar matematika siswa ditentukan dengan koefisien determinasi sebesar 91,50%.