PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi Peta Konsep dan strategi Pengajaran Berdasarkan Masalah terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan pecahan. (2) Pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Pecahan. (3) Interaksi a...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WAHYUNINGSIH , HENDRI RETNO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11636/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995395946807296
author WAHYUNINGSIH , HENDRI RETNO
author_facet WAHYUNINGSIH , HENDRI RETNO
author_sort WAHYUNINGSIH , HENDRI RETNO
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi Peta Konsep dan strategi Pengajaran Berdasarkan Masalah terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan pecahan. (2) Pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Pecahan. (3) Interaksi antara strategi mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan pecahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 kartasura 2010/2011 yang terdiri dari tujuh kelas dan sampelnya yaitu kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 42 siswa, sedangkan kelas VIID sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dengan  5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi peta konsep dan pengajaran berdasarkan masalah terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan pecahan dengan nilai signifikansi Fa = 5,022, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan perbedaan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan pecahan dengan nilai signifikansi Fb = 11,902, (3) Tidak ada pengaruh antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai signifikansi Fab = 0,485.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11636
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11636 https://eprints.ums.ac.id/11636/ PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011) WAHYUNINGSIH , HENDRI RETNO L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi Peta Konsep dan strategi Pengajaran Berdasarkan Masalah terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan pecahan. (2) Pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Pecahan. (3) Interaksi antara strategi mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan pecahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 kartasura 2010/2011 yang terdiri dari tujuh kelas dan sampelnya yaitu kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 42 siswa, sedangkan kelas VIID sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dengan  5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi peta konsep dan pengajaran berdasarkan masalah terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan pecahan dengan nilai signifikansi Fa = 5,022, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan perbedaan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan pecahan dengan nilai signifikansi Fb = 11,902, (3) Tidak ada pengaruh antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai signifikansi Fab = 0,485. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11636/1/2%29_Cover_%2B_Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11636/2/1%29_Skripsi_Lengkap.pdf WAHYUNINGSIH , HENDRI RETNO (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060017
spellingShingle L Education (General)
WAHYUNINGSIH , HENDRI RETNO
PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort pengaruh pembelajaran dengan strategi peta konsep dan pengajaran berdasarkan masalah terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa eksperimen pada siswa kelas v11 semester ganjismp n kartasura tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11636/
work_keys_str_mv AT wahyuningsihhendriretno pengaruhpembelajarandenganstrategipetakonsepdanpengajaranberdasarkanmasalahterhadapprestasibelajarmatematikaditinjaudarikemampuanawalsiswaeksperimenpadasiswakelasv11semesterganjismpnkartasuratahunajaran20102011