PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi Peta Konsep dan strategi Pengajaran Berdasarkan Masalah terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan pecahan. (2) Pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Pecahan. (3) Interaksi a...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: WAHYUNINGSIH , HENDRI RETNO
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11636/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi Peta Konsep dan strategi Pengajaran Berdasarkan Masalah terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan pecahan. (2) Pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Pecahan. (3) Interaksi antara strategi mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan pecahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 kartasura 2010/2011 yang terdiri dari tujuh kelas dan sampelnya yaitu kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 42 siswa, sedangkan kelas VIID sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dengan  5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi peta konsep dan pengajaran berdasarkan masalah terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan pecahan dengan nilai signifikansi Fa = 5,022, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan perbedaan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan pecahan dengan nilai signifikansi Fb = 11,902, (3) Tidak ada pengaruh antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai signifikansi Fab = 0,485.