PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION DAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Al-Islam I Surakarta Tahun 2009/2010)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) untuk mengetahui interaksi antara metode pembelajaran...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11635/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995395672080384 |
---|---|
author | SISWANTO , MULYO |
author_facet | SISWANTO , MULYO |
author_sort | SISWANTO , MULYO |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar
matematika, (3) untuk mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al Islam I Surakarta. Sampel
yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa, yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi dan obvservasi. Teknik analisis data menggunakan uji
analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf
signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran ditinjau dari keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11635 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11635 https://eprints.ums.ac.id/11635/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION DAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Al-Islam I Surakarta Tahun 2009/2010) SISWANTO , MULYO L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) untuk mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al Islam I Surakarta. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa, yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi dan obvservasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran ditinjau dari keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11635/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11635/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11635/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11635/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11635/7/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11635/15/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11635/17/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11635/21/09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf SISWANTO , MULYO (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION DAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Al-Islam I Surakarta Tahun 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060100 |
spellingShingle | L Education (General) SISWANTO , MULYO PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION DAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Al-Islam I Surakarta Tahun 2009/2010) |
title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION DAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
(Kelas VII Semester II SMP Al-Islam I Surakarta Tahun 2009/2010) |
title_full | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION DAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
(Kelas VII Semester II SMP Al-Islam I Surakarta Tahun 2009/2010) |
title_fullStr | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION DAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
(Kelas VII Semester II SMP Al-Islam I Surakarta Tahun 2009/2010) |
title_full_unstemmed | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION DAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
(Kelas VII Semester II SMP Al-Islam I Surakarta Tahun 2009/2010) |
title_short | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION DAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
(Kelas VII Semester II SMP Al-Islam I Surakarta Tahun 2009/2010) |
title_sort | penerapan model pembelajaran three stage fishbowl decision dan think talk write ttw dalam meningkatkan prestasi belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar siswa kelas vii semester ii smp al islam i surakarta tahun 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11635/ |
work_keys_str_mv | AT siswantomulyo penerapanmodelpembelajaranthreestagefishbowldecisiondanthinktalkwritettwdalammeningkatkanprestasibelajarmatematikaditinjaudariaktivitasbelajarsiswakelasviisemesteriismpalislamisurakartatahun20092010 |