ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR PADA SISWA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) SMP NEGERI 1 PURWODADI

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pelaksanaan pembelajaran matematika SMP RSBI, (2) presentase tingkat pencapaian kompetensi kognitif, (3) kesulitan yang dialami siswa dalam pencapaian kompetensi kognitif, (4) cara mengatasi kesulitan yang muncul dalam proses pembelajartan m...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: IRMAWATI , RETNO PUJI
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
Almmustuhtton: 2010
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/11634/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pelaksanaan pembelajaran matematika SMP RSBI, (2) presentase tingkat pencapaian kompetensi kognitif, (3) kesulitan yang dialami siswa dalam pencapaian kompetensi kognitif, (4) cara mengatasi kesulitan yang muncul dalam proses pembelajartan matematika pada siswa RSBI SMP Negeri 1 Purwodadi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Purwodadi yang telah memiliki kelas RSBI pada tahun 2010 semester 2 dengan subjek seluruh siswa kelas VIIG RSBI yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) proses pelaksanaan pembelajaran matematika siswa RSBI melalui 3 tahap yaitu tahap pertama pendahuluan yaitu guru membuat RPP, mempersiapkan metode dan memberi motivasi pada siswa; tahap kedua inti yaitu penyampaian materi pembelajaran; dan tahap ketiga penutup yaitu guru memberikan kesimpulan dan penilaian, (2) persentase tingkat pencapaian kompetensi kognitif sebesar 82 %, (3) kesulitan yang dialami siswa dalam pencapaian kompetensi kognitif yaitu mengubah kalimat matematika ke dalam bentuk bahasa Inggris sebaliknya dari bahasa Inggris diubah menjadi kalimat matematika, (4) cara mengatasi kesulitan yang muncul dalam proses pembelajaran matematika pada siswa RSBI yaitu menggunakan buku panduan bilingual Yudhistira yang berisi Planes meliputi triangle, dan quadrilaterals. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika bangun datar pada siswa Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMP Negeri 1 Purwodadi berjalan baik, namun masih diperlukan adanya kekonsistenan semangat guru dalam mengajar dan kemampuan guru dalam bahasa Inggris serta fasilitas sarana dan prasarana penunjang pembelajaran harus dioptimalkan penggunaannya serta referensi buku yang maksimal.