EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester II DI MTs NU 01 Batang)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) perbedaan penggunaan metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari pemahaman konsep, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar matematika. Pop...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kartikasari , Oktafiana
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11633/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995395129966592
author Kartikasari , Oktafiana
author_facet Kartikasari , Oktafiana
author_sort Kartikasari , Oktafiana
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) perbedaan penggunaan metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari pemahaman konsep, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTs NU 01 Batang yang berjumlah 200 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi metode pembelajaran Small Group Work dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Think Talk Write terhadap hasil belajar matematika siswa dengan FA = 4,640, (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan terjadi pada siswa dengan pemahaman konsep tinggi dan rendah terhadap hasil belajar matematika dengan FB = 3,331 (3) Tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar matematika dengan FAB = 0,914.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11633
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11633 https://eprints.ums.ac.id/11633/ EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester II DI MTs NU 01 Batang) Kartikasari , Oktafiana L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) perbedaan penggunaan metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari pemahaman konsep, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTs NU 01 Batang yang berjumlah 200 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi metode pembelajaran Small Group Work dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Think Talk Write terhadap hasil belajar matematika siswa dengan FA = 4,640, (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan terjadi pada siswa dengan pemahaman konsep tinggi dan rendah terhadap hasil belajar matematika dengan FB = 3,331 (3) Tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar matematika dengan FAB = 0,914. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11633/1/cover%2Bbab1_pdf.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11633/2/skripsi_Q.pdf Kartikasari , Oktafiana (2010) EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester II DI MTs NU 01 Batang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060060
spellingShingle L Education (General)
Kartikasari , Oktafiana
EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester II DI MTs NU 01 Batang)
title EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester II DI MTs NU 01 Batang)
title_full EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester II DI MTs NU 01 Batang)
title_fullStr EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester II DI MTs NU 01 Batang)
title_full_unstemmed EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester II DI MTs NU 01 Batang)
title_short EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester II DI MTs NU 01 Batang)
title_sort eksperimentasi pendekatan small group work dan think talk write dalam pembelajaran matematika ditinjau dari pemahaman konsep eksperimen pada siswa kelas viii semester ii di mts nu 01 batang
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11633/
work_keys_str_mv AT kartikasarioktafiana eksperimentasipendekatansmallgroupworkdanthinktalkwritedalampembelajaranmatematikaditinjaudaripemahamankonsepeksperimenpadasiswakelasviiisemesteriidimtsnu01batang