IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS DAN STRATEGI SMALL GROUP WORK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji pengaruh strategi pembelajaran Peer lesson dan Small group work terhadap prestasi belajar pecahan siswa, (2) Menganalisis dan menguji pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar pecahan siswa, dan (3) menganalisis dan men...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YUNIARTI , TANTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11632/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995394860482560
author YUNIARTI , TANTI
author_facet YUNIARTI , TANTI
author_sort YUNIARTI , TANTI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji pengaruh strategi pembelajaran Peer lesson dan Small group work terhadap prestasi belajar pecahan siswa, (2) Menganalisis dan menguji pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar pecahan siswa, dan (3) menganalisis dan menguji interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 kartasura 2009/2010 yang terdiri dari tujuh kelas dan sampelnya yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 41 siswa, sedangkan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis anava dua jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh penggunakan strategi peer lessons dan strategi small group work terhadap prestasi belajar pecahan siswa dengan nilai Fhitung 37,878 > 4,000 (p= 0,000). Artinya penggunaan strategi peer lessons dan metode small group work mempengaruhi prestasi belajar pecahan siswa. (2) ada pengaruh kemampuawan awal siswa terhadap prestasi belajar pecahan siswa antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah, dengan nilai Fhitung 3,883 yang lebih besar dari 3,150 (p= 0,046), maka kemampuawan awal siswa mempengaruhi prestasi belajar pecahan siswa. (3) tidak ada efek interaksi antara strategi peer lessons dan metode small group work dan kemampuan awal siswa baik yang tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar pecahan siswa, dengan nilai Fhitung 3,079 < 3,150 (p= 0,090) yang berarti tidak ada interaksi antara prestasi belajar pecahan siswa antara siswa yang diberikan pengajaran dengan startegi peer lessons dan strategi small group work.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11632
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11632 https://eprints.ums.ac.id/11632/ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS DAN STRATEGI SMALL GROUP WORK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA YUNIARTI , TANTI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji pengaruh strategi pembelajaran Peer lesson dan Small group work terhadap prestasi belajar pecahan siswa, (2) Menganalisis dan menguji pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar pecahan siswa, dan (3) menganalisis dan menguji interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 kartasura 2009/2010 yang terdiri dari tujuh kelas dan sampelnya yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 41 siswa, sedangkan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis anava dua jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh penggunakan strategi peer lessons dan strategi small group work terhadap prestasi belajar pecahan siswa dengan nilai Fhitung 37,878 > 4,000 (p= 0,000). Artinya penggunaan strategi peer lessons dan metode small group work mempengaruhi prestasi belajar pecahan siswa. (2) ada pengaruh kemampuawan awal siswa terhadap prestasi belajar pecahan siswa antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah, dengan nilai Fhitung 3,883 yang lebih besar dari 3,150 (p= 0,046), maka kemampuawan awal siswa mempengaruhi prestasi belajar pecahan siswa. (3) tidak ada efek interaksi antara strategi peer lessons dan metode small group work dan kemampuan awal siswa baik yang tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar pecahan siswa, dengan nilai Fhitung 3,079 < 3,150 (p= 0,090) yang berarti tidak ada interaksi antara prestasi belajar pecahan siswa antara siswa yang diberikan pengajaran dengan startegi peer lessons dan strategi small group work. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11632/1/02_halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11632/2/03_bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11632/3/04_bab_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11632/7/05_bab_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11632/9/06_bab_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11632/11/07_bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11632/12/08_daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11632/16/09_lampiran.pdf YUNIARTI , TANTI (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS DAN STRATEGI SMALL GROUP WORK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060010
spellingShingle L Education (General)
YUNIARTI , TANTI
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS DAN STRATEGI SMALL GROUP WORK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS DAN STRATEGI SMALL GROUP WORK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title_full IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS DAN STRATEGI SMALL GROUP WORK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title_fullStr IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS DAN STRATEGI SMALL GROUP WORK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS DAN STRATEGI SMALL GROUP WORK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title_short IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS DAN STRATEGI SMALL GROUP WORK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title_sort implementasi pembelajaran matematika dengan strategi peer lessons dan strategi small group work pada pokok bahasan pecahan ditinjau dari kemampuan awal siswa
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11632/
work_keys_str_mv AT yuniartitanti implementasipembelajaranmatematikadenganstrategipeerlessonsdanstrategismallgroupworkpadapokokbahasanpecahanditinjaudarikemampuanawalsiswa