IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS DAN STRATEGI SMALL GROUP WORK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji pengaruh strategi pembelajaran Peer lesson dan Small group work terhadap prestasi belajar pecahan siswa, (2) Menganalisis dan menguji pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar pecahan siswa, dan (3) menganalisis dan men...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11632/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji pengaruh strategi
pembelajaran Peer lesson dan Small group work terhadap prestasi belajar pecahan
siswa, (2) Menganalisis dan menguji pengaruh kemampuan awal siswa terhadap
prestasi belajar pecahan siswa, dan (3) menganalisis dan menguji interaksi antara
strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 kartasura
2009/2010 yang terdiri dari tujuh kelas dan sampelnya yaitu kelas VII B sebagai
kelas eksperimen dengan jumlah 41 siswa, sedangkan kelas VII C sebagai kelas
kontrol dengan jumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis anava dua jalan yang
sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan
uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5% dapat disimpulkan
bahwa: (1) ada pengaruh penggunakan strategi peer lessons dan strategi small
group work terhadap prestasi belajar pecahan siswa dengan nilai Fhitung 37,878 >
4,000 (p= 0,000). Artinya penggunaan strategi peer lessons dan metode small
group work mempengaruhi prestasi belajar pecahan siswa. (2) ada pengaruh
kemampuawan awal siswa terhadap prestasi belajar pecahan siswa antara siswa
yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah, dengan nilai Fhitung
3,883 yang lebih besar dari 3,150 (p= 0,046), maka kemampuawan awal siswa
mempengaruhi prestasi belajar pecahan siswa. (3) tidak ada efek interaksi antara
strategi peer lessons dan metode small group work dan kemampuan awal siswa
baik yang tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar pecahan siswa,
dengan nilai Fhitung 3,079 < 3,150 (p= 0,090) yang berarti tidak ada interaksi
antara prestasi belajar pecahan siswa antara siswa yang diberikan pengajaran
dengan startegi peer lessons dan strategi small group work. |
---|