MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII melalui model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11623/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995392419397632
author SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI
author_facet SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI
author_sort SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII melalui model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII MTsN Bekonang Filial Kartasura, yang berjumlah 26 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan siswa mengklasifikasikan obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu dari suatu konsep sebelum tindakan 23,1% dan setelah tindakan 77%, 2) Kemampuan siswa membedakan contoh dan non contoh dari suatu konsep sebelum tindakan 30,8% dan setelah tindakan 73,1%, serta 3) Kemampuan siswa menyatakan ulang suatu konsep sebelum tindakan 30,8% dan setelah tindakan 77%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11623
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11623 https://eprints.ums.ac.id/11623/ MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011) SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII melalui model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII MTsN Bekonang Filial Kartasura, yang berjumlah 26 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan siswa mengklasifikasikan obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu dari suatu konsep sebelum tindakan 23,1% dan setelah tindakan 77%, 2) Kemampuan siswa membedakan contoh dan non contoh dari suatu konsep sebelum tindakan 30,8% dan setelah tindakan 73,1%, serta 3) Kemampuan siswa menyatakan ulang suatu konsep sebelum tindakan 30,8% dan setelah tindakan 77%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11623/1/2._Halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11623/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11623/4/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11623/5/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11623/7/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11623/9/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11623/11/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11623/14/9._Lampiran.pdf SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI (2011) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060090
spellingShingle L Education (General)
SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)
title MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)
title_full MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)
title_fullStr MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)
title_full_unstemmed MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)
title_short MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)
title_sort meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution ptk pada siswa kelas vii semester i mtsn bekonang filial kartasura tahun 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11623/
work_keys_str_mv AT saputroalbertrosihanbudi meningkatkanpemahamankonsepmatematikadenganmenggunakanmodelpembelajaranproblemposingtipepostsolutionptkpadasiswakelasviisemesterimtsnbekonangfilialkartasuratahun20102011