MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII melalui model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11623/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan
pemahaman konsep matematika siswa kelas VII melalui model pembelajaran
problem posing tipe post solution posing. Jenis penelitian pada penelitian ini
adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa
kelas VII MTsN Bekonang Filial Kartasura, yang berjumlah 26 siswa dan subjek
pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan
dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang
terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika
siswa pada pokok bahasan bilangan. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan
siswa mengklasifikasikan obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu dari suatu
konsep sebelum tindakan 23,1% dan setelah tindakan 77%, 2) Kemampuan siswa
membedakan contoh dan non contoh dari suatu konsep sebelum tindakan 30,8%
dan setelah tindakan 73,1%, serta 3) Kemampuan siswa menyatakan ulang suatu
konsep sebelum tindakan 30,8% dan setelah tindakan 77%. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing tipe post solution
posing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep
matematika siswa. |
---|