PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN URETSUSU PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-ISLAM KALIJAMBE PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran uretsusu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Al-Islam Kalijambe Sragen ya...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11618/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran uretsusu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Al-Islam Kalijambe Sragen yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 19,35% dan setelah tindakan 54,84%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 29,03 % dan setelah tindakan 61,29%, 3) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 6,45% dan setelah tindakan 22,58%, 4) Mengerjakan tugas atau PR sebelum tindakan 61,29% dan setelah tindakan 93,55%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran uretsusu dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. |
---|