PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika melalui penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division (STAD). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP N I Gatak tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 siswa....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARYANTO , BENI KURNIAWAN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11617/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995390798299136
author HARYANTO , BENI KURNIAWAN
author_facet HARYANTO , BENI KURNIAWAN
author_sort HARYANTO , BENI KURNIAWAN
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika melalui penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division (STAD). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP N I Gatak tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : Pertama, pembelajaran matematika dengan penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar siswa yang meliputi : a) perasaan senang mengikuti pelajaran meningkat dari (47%) menjadi (73,7%), b) perhatian terhadap materi yang diajarkan meningkat dari (35%) menjadi (65,8%), c) kemauan dalam mengerjakan soal dan bertanya meningkat dari (7,5%) menjadi (23,7%), d) konsentrasi terhadap materi yang diajarkan meningkat dari (25%) menjadi (55,3%), e) kesadaran mengerjakan tugas dan mempelajari kembali materi yang telah diajarkan meningkat dari (10%) menjadi (26,3%). Kedua, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Setelah dilakukan penelitian putaran I rata-rata kelas 57,5 dengan siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 13 siswa (32,5%). Pada putaran II prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata kelas 62,5. Siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 19 siswa (48%). Pada putaran III rata-rata kelas menjadi 67,63. Siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 23 siswa (61%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar siswa yang berakibat pada peningkatan prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11617
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11617 https://eprints.ums.ac.id/11617/ PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak) HARYANTO , BENI KURNIAWAN L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika melalui penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division (STAD). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP N I Gatak tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : Pertama, pembelajaran matematika dengan penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar siswa yang meliputi : a) perasaan senang mengikuti pelajaran meningkat dari (47%) menjadi (73,7%), b) perhatian terhadap materi yang diajarkan meningkat dari (35%) menjadi (65,8%), c) kemauan dalam mengerjakan soal dan bertanya meningkat dari (7,5%) menjadi (23,7%), d) konsentrasi terhadap materi yang diajarkan meningkat dari (25%) menjadi (55,3%), e) kesadaran mengerjakan tugas dan mempelajari kembali materi yang telah diajarkan meningkat dari (10%) menjadi (26,3%). Kedua, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Setelah dilakukan penelitian putaran I rata-rata kelas 57,5 dengan siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 13 siswa (32,5%). Pada putaran II prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata kelas 62,5. Siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 19 siswa (48%). Pada putaran III rata-rata kelas menjadi 67,63. Siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 23 siswa (61%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar siswa yang berakibat pada peningkatan prestasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11617/1/DAFTAR_ISI_dll%2C_Abstrak.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11617/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11617/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11617/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11617/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11617/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11617/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11617/18/Lampiran.pdf HARYANTO , BENI KURNIAWAN (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060009
spellingShingle L Education (General)
HARYANTO , BENI KURNIAWAN
PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak)
title PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak)
title_full PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak)
title_fullStr PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak)
title_full_unstemmed PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak)
title_short PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak)
title_sort peningkatan minat belajar matematika siswa melalui penerapan brain gym dan pendekatan kooperatif student team achievement division ptk pada siswa kelas vii semester ii smp n i gatak
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11617/
work_keys_str_mv AT haryantobenikurniawan peningkatanminatbelajarmatematikasiswamelaluipenerapanbraingymdanpendekatankooperatifstudentteamachievementdivisionptkpadasiswakelasviisemesteriismpnigatak