PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika melalui penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division (STAD). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP N I Gatak tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 siswa....
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11617/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar
matematika melalui penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student
Team Achievement Division (STAD). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas
VII D SMP N I Gatak tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 siswa. Data
dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada
penelitian tindakan kelas ini, analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : Pertama, pembelajaran matematika
dengan penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team
Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar siswa yang
meliputi : a) perasaan senang mengikuti pelajaran meningkat dari (47%) menjadi
(73,7%), b) perhatian terhadap materi yang diajarkan meningkat dari (35%)
menjadi (65,8%), c) kemauan dalam mengerjakan soal dan bertanya meningkat
dari (7,5%) menjadi (23,7%), d) konsentrasi terhadap materi yang diajarkan
meningkat dari (25%) menjadi (55,3%), e) kesadaran mengerjakan tugas dan
mempelajari kembali materi yang telah diajarkan meningkat dari (10%) menjadi
(26,3%). Kedua, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Setelah dilakukan
penelitian putaran I rata-rata kelas 57,5 dengan siswa yang mendapat nilai ≥ 70
sebanyak 13 siswa (32,5%). Pada putaran II prestasi belajar siswa meningkat
dengan rata-rata kelas 62,5. Siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 19 siswa
(48%). Pada putaran III rata-rata kelas menjadi 67,63. Siswa yang mendapat nilai
≥ 70 sebanyak 23 siswa (61%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan
Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division
(STAD) dapat meningkatkan minat belajar siswa yang berakibat pada peningkatan
prestasi belajar siswa. |
---|