IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match, (2) Mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match. Subyek pelaksana tindakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NOVITASARI , NOVITASARI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11616/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995390528815104
author NOVITASARI , NOVITASARI
author_facet NOVITASARI , NOVITASARI
author_sort NOVITASARI , NOVITASARI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match, (2) Mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match. Subyek pelaksana tindakan adalah guru dibantu oleh peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan keaktifan belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Siswa yang mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 32,35%, setelah tindakan 82,35%, (2) Siswa yang menyiapkan buku pelajaran sebelum pelajaran dimulai sebelum tindakan 29,41%, setelah tindakan 88,23%, (3) Siswa yang mengerjakan tugas / PR sebelum tindakan 38,23%, setelah tindakan 79,41%, (4) Siswa mau mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 29,41%, setelah tindakan 85,29%, (5) Siswa mau mengajukan pertanyaan kepada guru jika ada materi yang belum jelas sebelum tindakan 26,47%, setelah tindakan 67,64% (6) Siswa mau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sebelum tindakan sebesar 29,41%, setelah tindakan 61,76% dan (7) Siswa mau mengemukakan ide / pendapat sebelum tindakan 23,53%, setelah tindakan 55,88%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan cooperative dengan strategi make a match dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan belajar matematika siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11616
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11616 https://eprints.ums.ac.id/11616/ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta) NOVITASARI , NOVITASARI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match, (2) Mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match. Subyek pelaksana tindakan adalah guru dibantu oleh peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan keaktifan belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Siswa yang mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 32,35%, setelah tindakan 82,35%, (2) Siswa yang menyiapkan buku pelajaran sebelum pelajaran dimulai sebelum tindakan 29,41%, setelah tindakan 88,23%, (3) Siswa yang mengerjakan tugas / PR sebelum tindakan 38,23%, setelah tindakan 79,41%, (4) Siswa mau mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 29,41%, setelah tindakan 85,29%, (5) Siswa mau mengajukan pertanyaan kepada guru jika ada materi yang belum jelas sebelum tindakan 26,47%, setelah tindakan 67,64% (6) Siswa mau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sebelum tindakan sebesar 29,41%, setelah tindakan 61,76% dan (7) Siswa mau mengemukakan ide / pendapat sebelum tindakan 23,53%, setelah tindakan 55,88%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan cooperative dengan strategi make a match dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan belajar matematika siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11616/1/COVER_%26_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11616/3/SKRIPSI_LENGKAP.pdf NOVITASARI , NOVITASARI (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060068
spellingShingle L Education (General)
NOVITASARI , NOVITASARI
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)
title_full IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)
title_fullStr IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)
title_short IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)
title_sort implementasi pembelajaran matematika menggunakan pendekatan cooperative dengan strategi make a match untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan segitiga ptk pembelajaran matematika kelas vii semester 2 smp muhammadiyah 7 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11616/
work_keys_str_mv AT novitasarinovitasari implementasipembelajaranmatematikamenggunakanpendekatancooperativedenganstrategimakeamatchuntukmeningkatkankeaktifandanmotivasibelajarsiswapadapokokbahasansegitigaptkpembelajaranmatematikakelasviisemester2smpmuhammadiyah7surakarta