IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match, (2) Mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match. Subyek pelaksana tindakan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11616/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995390528815104 |
---|---|
author | NOVITASARI , NOVITASARI |
author_facet | NOVITASARI , NOVITASARI |
author_sort | NOVITASARI , NOVITASARI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan motivasi
belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match, (2)
Mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan cooperative
dengan strategi make a match. Subyek pelaksana tindakan adalah guru dibantu oleh
peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan motivasi belajar dan keaktifan belajar matematika. Hal ini dapat
dilihat dari (1) Siswa yang mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 32,35%,
setelah tindakan 82,35%, (2) Siswa yang menyiapkan buku pelajaran sebelum
pelajaran dimulai sebelum tindakan 29,41%, setelah tindakan 88,23%, (3) Siswa yang
mengerjakan tugas / PR sebelum tindakan 38,23%, setelah tindakan 79,41%, (4)
Siswa mau mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 29,41%, setelah
tindakan 85,29%, (5) Siswa mau mengajukan pertanyaan kepada guru jika ada materi
yang belum jelas sebelum tindakan 26,47%, setelah tindakan 67,64% (6) Siswa mau
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sebelum tindakan sebesar 29,41%,
setelah tindakan 61,76% dan (7) Siswa mau mengemukakan ide / pendapat sebelum
tindakan 23,53%, setelah tindakan 55,88%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
menggunakan pendekatan cooperative dengan strategi make a match dapat
meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan belajar matematika siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11616 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11616 https://eprints.ums.ac.id/11616/ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta) NOVITASARI , NOVITASARI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match, (2) Mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match. Subyek pelaksana tindakan adalah guru dibantu oleh peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan keaktifan belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Siswa yang mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 32,35%, setelah tindakan 82,35%, (2) Siswa yang menyiapkan buku pelajaran sebelum pelajaran dimulai sebelum tindakan 29,41%, setelah tindakan 88,23%, (3) Siswa yang mengerjakan tugas / PR sebelum tindakan 38,23%, setelah tindakan 79,41%, (4) Siswa mau mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 29,41%, setelah tindakan 85,29%, (5) Siswa mau mengajukan pertanyaan kepada guru jika ada materi yang belum jelas sebelum tindakan 26,47%, setelah tindakan 67,64% (6) Siswa mau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sebelum tindakan sebesar 29,41%, setelah tindakan 61,76% dan (7) Siswa mau mengemukakan ide / pendapat sebelum tindakan 23,53%, setelah tindakan 55,88%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan cooperative dengan strategi make a match dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan belajar matematika siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11616/1/COVER_%26_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11616/3/SKRIPSI_LENGKAP.pdf NOVITASARI , NOVITASARI (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060068 |
spellingShingle | L Education (General) NOVITASARI , NOVITASARI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta) |
title | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta) |
title_full | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta) |
title_fullStr | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta) |
title_full_unstemmed | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta) |
title_short | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta) |
title_sort | implementasi pembelajaran matematika menggunakan pendekatan cooperative dengan strategi make a match untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan segitiga ptk pembelajaran matematika kelas vii semester 2 smp muhammadiyah 7 surakarta |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11616/ |
work_keys_str_mv | AT novitasarinovitasari implementasipembelajaranmatematikamenggunakanpendekatancooperativedenganstrategimakeamatchuntukmeningkatkankeaktifandanmotivasibelajarsiswapadapokokbahasansegitigaptkpembelajaranmatematikakelasviisemester2smpmuhammadiyah7surakarta |