UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I GiriwoyoWonogiri)

bahasan aritmetika sosial melalui metode problem solving. (2) Memberikan pedoman pada guru untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran matematika. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas 7 A SMP Negeri 1 Giriwoyo yang berjumlah 33 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika dan s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAPUTRI, SETYASARI INDAH
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11613/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995389716168704
author SAPUTRI, SETYASARI INDAH
author_facet SAPUTRI, SETYASARI INDAH
author_sort SAPUTRI, SETYASARI INDAH
collection ePrints
description bahasan aritmetika sosial melalui metode problem solving. (2) Memberikan pedoman pada guru untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran matematika. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas 7 A SMP Negeri 1 Giriwoyo yang berjumlah 33 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode tes, metode observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Deskriptif kalitatif dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi dari siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Sebelum putaran kemampuan siswa mengidentifikasi masalah adalah 30.33%, diakhir putaran mencapai 57.58 %. (2) Sebelum putaran kemampuan siswa menyusun rencana adalah 24.24%, diakhir putaran mencapai 51.51 %. (3) Sebelum putaran kemampuan siswa melaksanakan rencana adalah 72.73%, diakhir putaran mencapai 90.91 %. (4) Sebelum putaran kemampuan siswa memeriksa kembali adalah 21.21%, diakhir putaran mencapai 51.51 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Solving dapat meningkatkan prestasi siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11613
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11613 https://eprints.ums.ac.id/11613/ UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I GiriwoyoWonogiri) SAPUTRI, SETYASARI INDAH L Education (General) bahasan aritmetika sosial melalui metode problem solving. (2) Memberikan pedoman pada guru untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran matematika. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas 7 A SMP Negeri 1 Giriwoyo yang berjumlah 33 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode tes, metode observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Deskriptif kalitatif dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi dari siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Sebelum putaran kemampuan siswa mengidentifikasi masalah adalah 30.33%, diakhir putaran mencapai 57.58 %. (2) Sebelum putaran kemampuan siswa menyusun rencana adalah 24.24%, diakhir putaran mencapai 51.51 %. (3) Sebelum putaran kemampuan siswa melaksanakan rencana adalah 72.73%, diakhir putaran mencapai 90.91 %. (4) Sebelum putaran kemampuan siswa memeriksa kembali adalah 21.21%, diakhir putaran mencapai 51.51 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Solving dapat meningkatkan prestasi siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11613/1/COVER_DAN_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11613/3/SKRIPSI_KOMPLIT.pdf SAPUTRI, SETYASARI INDAH (2010) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I GiriwoyoWonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410040187
spellingShingle L Education (General)
SAPUTRI, SETYASARI INDAH
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I GiriwoyoWonogiri)
title UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I GiriwoyoWonogiri)
title_full UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I GiriwoyoWonogiri)
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I GiriwoyoWonogiri)
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I GiriwoyoWonogiri)
title_short UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I GiriwoyoWonogiri)
title_sort upaya peningkatan prestasi belajar melalui metode problem solving pada pokok bahasan aritmetika sosial ptk pembelajaran matematika di kelas vii smp negeri i giriwoyowonogiri
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11613/
work_keys_str_mv AT saputrisetyasariindah upayapeningkatanprestasibelajarmelaluimetodeproblemsolvingpadapokokbahasanaritmetikasosialptkpembelajaranmatematikadikelasviismpnegeriigiriwoyowonogiri