MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud di...
Zapisane w:
1. autor: | |
---|---|
Format: | Praca dyplomowa |
Język: | English English English English English English English English |
Wydane: |
2011
|
Hasła przedmiotowe: | |
Dostęp online: | https://eprints.ums.ac.id/11612/ |
Etykiety: |
Dodaj etykietę
Nie ma etykietki, Dołącz pierwszą etykiete!
|
_version_ | 1804995389446684672 |
---|---|
author | Prabowo , Firman Adi |
author_facet | Prabowo , Firman Adi |
author_sort | Prabowo , Firman Adi |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan
berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman
konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud disini adalah
kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, kemampuan
mengerjakan soal dengan benar dan cepat. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Kartasura
Sukoharjo Semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Subyek penerima tindakan siswa
kelas VII A SMP N 1 Kartsaura Sukoharjo sebanyak 40 siswa, subyek pelaksana
tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP N 2 N Kartsaura Sukoharjo
berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya
yaitu data dianalisis dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat
peningkatan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematika, yaitu: 1)
kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, dari kondisi awal 30 %
pada putaran terakhir meningkat sampai 65%. 2) kemampuan mengerjakan soal dengan
benar dan cepat, dari kondisi awal 35% pada putaran terakhir meningkat sampai 85%.
Sedangkan peningkatan hasil belajar matematika siswa, yaitu: peningkatan nilai pada
setiap evaluasi, dari kondisi awal 30% pada putaran terakhir meningkat sampai 70%.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dalam
pembelajaran pada pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
pemahaman konsep. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:11612 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:11612 https://eprints.ums.ac.id/11612/ MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL Prabowo , Firman Adi L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud disini adalah kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo Semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Subyek penerima tindakan siswa kelas VII A SMP N 1 Kartsaura Sukoharjo sebanyak 40 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP N 2 N Kartsaura Sukoharjo berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu data dianalisis dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematika, yaitu: 1) kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, dari kondisi awal 30 % pada putaran terakhir meningkat sampai 65%. 2) kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat, dari kondisi awal 35% pada putaran terakhir meningkat sampai 85%. Sedangkan peningkatan hasil belajar matematika siswa, yaitu: peningkatan nilai pada setiap evaluasi, dari kondisi awal 30% pada putaran terakhir meningkat sampai 70%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dalam pembelajaran pada pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/1/halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/8/lampiran-lampiran.pdf Prabowo , Firman Adi (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410040134 |
spellingShingle | L Education (General) Prabowo , Firman Adi MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL |
title | MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL |
title_full | MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL |
title_fullStr | MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL |
title_full_unstemmed | MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL |
title_short | MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL |
title_sort | meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika terapan dengan pendekatan kontekstual |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/11612/ |
work_keys_str_mv | AT prabowofirmanadi meningkatkankemampuanpemahamankonsepsiswadalammenyelesaikansoalmatematikaterapandenganpendekatankontekstual |