MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Prabowo , Firman Adi
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11612/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995389446684672
author Prabowo , Firman Adi
author_facet Prabowo , Firman Adi
author_sort Prabowo , Firman Adi
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud disini adalah kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo Semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Subyek penerima tindakan siswa kelas VII A SMP N 1 Kartsaura Sukoharjo sebanyak 40 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP N 2 N Kartsaura Sukoharjo berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu data dianalisis dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematika, yaitu: 1) kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, dari kondisi awal 30 % pada putaran terakhir meningkat sampai 65%. 2) kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat, dari kondisi awal 35% pada putaran terakhir meningkat sampai 85%. Sedangkan peningkatan hasil belajar matematika siswa, yaitu: peningkatan nilai pada setiap evaluasi, dari kondisi awal 30% pada putaran terakhir meningkat sampai 70%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dalam pembelajaran pada pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11612
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11612 https://eprints.ums.ac.id/11612/ MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL Prabowo , Firman Adi L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud disini adalah kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo Semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Subyek penerima tindakan siswa kelas VII A SMP N 1 Kartsaura Sukoharjo sebanyak 40 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP N 2 N Kartsaura Sukoharjo berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu data dianalisis dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematika, yaitu: 1) kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, dari kondisi awal 30 % pada putaran terakhir meningkat sampai 65%. 2) kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat, dari kondisi awal 35% pada putaran terakhir meningkat sampai 85%. Sedangkan peningkatan hasil belajar matematika siswa, yaitu: peningkatan nilai pada setiap evaluasi, dari kondisi awal 30% pada putaran terakhir meningkat sampai 70%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dalam pembelajaran pada pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/1/halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11612/8/lampiran-lampiran.pdf Prabowo , Firman Adi (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410040134
spellingShingle L Education (General)
Prabowo , Firman Adi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title_full MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title_fullStr MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title_full_unstemmed MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title_short MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title_sort meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika terapan dengan pendekatan kontekstual
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11612/
work_keys_str_mv AT prabowofirmanadi meningkatkankemampuanpemahamankonsepsiswadalammenyelesaikansoalmatematikaterapandenganpendekatankontekstual