MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Prabowo , Firman Adi
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11612/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud disini adalah kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo Semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Subyek penerima tindakan siswa kelas VII A SMP N 1 Kartsaura Sukoharjo sebanyak 40 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP N 2 N Kartsaura Sukoharjo berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu data dianalisis dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematika, yaitu: 1) kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, dari kondisi awal 30 % pada putaran terakhir meningkat sampai 65%. 2) kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat, dari kondisi awal 35% pada putaran terakhir meningkat sampai 85%. Sedangkan peningkatan hasil belajar matematika siswa, yaitu: peningkatan nilai pada setiap evaluasi, dari kondisi awal 30% pada putaran terakhir meningkat sampai 70%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dalam pembelajaran pada pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep.